Jumat, 14 November 2008

Perhitungan KPU: Karsa Menang Tipis Atas Kaji

SURABAYA - Perhitungan manual Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur atas pilkada putaran kedua akhirnya selesai. Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf akhirnya terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Dari perhitungan manual KPUD pasangan nomor urut 1 Khofifah-Mujiono (Kaji) mendapatkan 7.699.721 suara, sedangkan pasangan nomor urut 5 yaitu Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) mendapatkan 7.729.944 suara.

Sementara total suara sah sebanyak 15.399.665, sedangkan suara tidak sah sebanyak 506.343 suara.

"Alhamdulillah perhitungan suara KPU berjalan lancar. Semua keberatan dengan hasil pilkada bisa disampaikan lewat mekanisme hukum," kata Ketua KPUD Jawa Timur Wahyudi Purnomo di Hotel Mercure, Jalan Darmo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/11/2008).

Dalam proses perhitungan suara, sempat terjadi interupsi beberapa kali dari Ketua Tim Sukses Kaji Mirdasy. Interupsi tersebut dilakukan saat beberapa KPU Kabupaten di Madura membacakan hasil suara.

Protes dipicu karena di salah satu TPS di Madura, Kaji sama sekali tidak mendapatkan suara, begitu juga dengan suara tidak sah. Seluruh suara memilih Karsa. "Ini tidak mungkin. Masak tidak ada yang memilih Kaji," katanya.

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: